RSS

Sharing Proses Mutasi STNK (Dari Milis HTML)

10 Sep


Latar belakang :
1. Mo bayar pajak STNK, Alamat KTP sudah berubah
2. Q:Kenapa nggak pake biro jasa ?, A:1. Pengin tahu 2. Mo ngirit.

Berikut pengalaman ber-mutasi (JakBar-Ciputat) :
1. Proses Cek Fisik (Gaplek-Ciputat) -> proses nggesek nomor rangka dan nomor Mesin.
a. Harga kertas gesek rp 10.000
b. jasa nggesek rp 15.000
2. Proses “Penarikan Berkas” (Samsat Jakarta Barat)
a. Legalisir proses no.1,biaya rp 30.000
b. Biaya penarikan berkas Rp 100.000, STNK dan BPKB di inapkan 3 hari-an. catatan : Jgn Lupa minta stempel di copy STNK – jaga-jaga kalo ada razia.
c. Biaya ‘Fiskal’ Rp <70.000 (Lupa), note : spt ke luar negeri yah….
d. Biaya ‘Asuransi’ Rp <30.000 (Lupa)
3. Pembayaran pajak di BSD (26 Sept 06)
a.Bayar Legalisir (lagi), tanpa cek fisik Rp 25.000
b.Bayar Administrasi Rp 40.000
c.Bayar Pajak Motor (PKB,SWDKLLJ, adm STNK, adm TNKB) Rp 279.500
d. Pengambilan Plat nomor baru, Rp 0..akhirnya.

Keterangan :
1. Proses dilakukan sendiri (no calo/biro jasa).
2. Proses #1 seharusnya bisa dilakukan di Samsat Jakarta Barat.
3. Proses minimal dilakukan dgn 2x kunjungan, yaitu proses #1 s/d #2b dan proses #2c – #2d + proses #3. Saya sendiri 3x kunjungan karena proses #3 terpisah.
4. PM-nya sendiri sangat tidak berkesan , karena harus bolak balik dari satu loket ke loket lain + tanya kanan kiri. Saran saya, jika ingin mutasi adalah lakukan proses ini di bulan puasa karena insya allah, ini adalah proses yg membutuhkan kesabaran tinggi
5. Yg paling ‘mengesankan’ adalah bahwa sampai saat ini saya tidak tahu berapa sebenarnya biaya resmi di tiap-tiap loket pembayaran, kecuali untuk biaya fiskal dan Pajak STNK. Di tiap Loket tidak ada tulisan biaya resmi yg harus dikeluarkan, petugasnya hanya menyebut angka tanpa kuitansi pembayaran – ughhh sungguh menyebalkan dan butuh postingan terpisah untuk menulis uneg-uneg tentang biaya yg nggak jelas juntrungannya…
6. Total biaya adalah Rp 599.500….(Belum termasuk biaya makan, minum, parkir, dan toilet)
…..wow fantastic untuk kendaraan roda-2 yg kalo pulang malem jam 7 masih terkena macet.
7. Selesai.

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada 10 September 2007 in Uncategorized

 

Tag:

6 responses to “Sharing Proses Mutasi STNK (Dari Milis HTML)

  1. agam

    1 Juli 2008 at 5:07 pm

    mau nanya, gimana ya mutasi dari surabaya ke bandung, namun motor udah di bandung…

     
  2. supri

    2 Juli 2008 at 8:12 am

    kasusnya sama dengan yang sekarang lagi saya proses mas, kebetulan motor plat Bali, posisi motor sudah di Bogor. Nah saya minta bantuan sama teman yang ada di Bali untuk mencabut STNK Bali. Jadi berkas-berkas yang ada di Samsat sana diambil dan rencananya di daftarkan di Samsat Bogor.

    Sampai saat ini proses belum selesai, katanya sih paling cepet 20 hari kerja. Dokumen yang saya kirim ke teman yang di Bali berupa BPKB asli, STNK asli dan KTP asli.

     
  3. onepiyu

    16 Januari 2009 at 4:22 pm

    bos itu mutasi sekalian balik nama ya????

     
  4. doni

    19 Januari 2009 at 1:10 am

    mutasi dari surabaya ke bandung paling gampang adalah dengan cara…..???
    “pindahin aja samsat surabaya ke bandung, kan beres bos.” :> :> :>

     
  5. supri

    19 Januari 2009 at 9:52 am

    mas onepiyu…

    betul mas, saya mutasi sekalian balik nama.
    Alhamdulillah sudah kelar semua.

    Tambahan info. Ternyata nyabut berkas STNK dari Bali harus disertakan bukti gesek No. Mesin dan Rangka Motor. Saya minta bantuan ke Samsat Bogor untuk melakukannya, sekalian motor yang mau di mutasi di foto di Samsat. Jadi ketika berkas sudah selesai dari Bali tinggal daftar di Samsat Bogor disertai dengan foto motor yang di mutasi itu. Istilah nya Mutasi Masuk.

     
  6. ewo

    26 Februari 2009 at 12:23 pm

    kalo fiskal tuh jadi satu ama samsatnya ga sih…
    thanx

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: