RSS

Mengganti Sub Domain blogspot Menjadi Domain web id

14 Mei

domain name

MULTI PASTE – Memiliki domain name sendiri atau top level domain akan menjadikan blog kita kelihatan lebih profesional.  Jika blog yang Anda bangun menggunakan platform blogger, dan Anda enjoy serta serius menggeluti dunia blogging, akan lebih baik jika Anda memiliki domain name sendiri, karena hal ini bisa menjadi salah satu sugesti yang akan memberi spirit dan semangat untuk terus menulis dan berkarya.

Apakah mengganti domain blogspot menjadi domain sendiri itu sulit..? Redirect blog yang dihosting di blogspot ke top level domain tidaklah sulit, yang dibutuhkan hanyalah sebuah nama domain yang telah ter-register di global network.  Untuk mendapatkan sebuah domain name yang ter-registrasi di global network, Anda harus membelinya, saya tidak merekomendasikan untuk menggunakan domain name gratis, karena kesinambungan domain name untuk bisa exist dalam jangka waktu yang lama tidak dijamin.

Anda dapat memilih menggunakan domain global seperti .com .net .biz .info dan lain-lain atau memilih menggunakan domain lokal seperti .co.id .net.id atau web.id dan sebagainya.  Karena blog ini menggunakan bahasa indonesia maka target pengunjung adalah pembaca lokal dari Indonesia sehingga saya lebih memilih menggunakan domain .web.id

Cara Membeli Top Level Domain

Untuk mendapatkan sebuah domain name, Anda dapat membeli dari pihak penyedia layanan domain name registration, seperti rad.net.idmerekmu.co.idindoreg.co.id dan masih banyak lagi yang lainnya.  Domain name blog ini, saya register melalui hostmop.com salah satu perusahaan penyedia layanan domain name registration global yang berada di Indonesia.

Sebaiknya sebelum memutuskan untuk membeli domain name, lakukan komunikasi dengan pihak penyedian layanan ini baik melalui percakapan via telepon atau melalui live chating untuk memastikan Anda akan mendapatkan teknikal support yang memuaskan.

Manage Domain Name dan Redirect Domain di Blogspot

Setelah mendapatkan sebuah domain name yang aktif, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memanage domain ini agar bisa diredirect ke blogspot sebagai tempat hosting atau tempat menyimpan data blog Anda.
Ada beberapa penyelenggara domain registration, yang tidak menyediakan fasilitas DNS Management untuk memanage domain yang sudah dibeli, tetapi bukan berarti domain ini tidak bisa dimanage, Anda dapat menggunakan jasa pihak ke-dua seperti http://freedns.afraid.org/ atau http://dyn.com/ untuk melakukan pengaturan redirected domain.  Berikut ini cara melakukan konfigurasi redirected domain di Afraid FreeDNS.

  • Login ke Afraid FreeDNS setelah account Anda aktif
  • Klik menu Domain pada sidebar sebelah kiri kemudian klik link Add a domain into FreeDNS
  • Masukkan nama domain Anda tanpa www seperti gambar di bawah ini dan catat DNS Server Name atau IP Address dari Afraid FreeDNS
afraid org
  • Kembali ke situs tempat Anda membeli domain, dan masukan ke-empat DNS Server Nameatau IP Address dari Afraid FreeDNS melalui panel DNS Management atau jika tempat Anda membeli domain tidak menyediakan panel control, informasikan ke technical support mereka untuk memasukkan DNS Server name ini ke domain Anda.
  • Sekarang login ke blogger dengan Account Anda
  • Pada halaman dashboard klik menu Settings > Basic pada bagian Publishing klik link +Add a cutom domain, kemudian klik lagi link Switch to advanced settings, masukkan domain Anda menggunakan www seperti gambar di bawah, lalu klik tombol Save.
save address
  • Jika menemukan Error seperti gambar di bawah catat Kode Register serta CNAMEs yang diberikan oleh blogger untuk dimasukkan ke seting domain di Afraid FreeDNS.
advance settings
  • Untuk itu login kembali ke situs Afraid FreeDNS, klik menu Domain pada sidebar sebelah kiri, kemudian klik lagi link Manage seperti gambar berikut.
link manage
  • Anda akan melihat 6 Subdomains yang belum di konfigurasi.  Klik salah satu link Subdomains, kemudian edit, pada bagian Type pilih CNAME, di bagian Subdomain masukkan www dan pada bagian destination masukkan ghs.google.com lihat gambar, kemudian klik tombol Save.
editing domain
  • Lakukan hal yang sama untuk Subdomain yang berikutnya, pada bagian Type pilih CNAME, di bagian Subdomain masukkan 6lp6t4bl42o5 tanpa tanda petik “” (sesuai dengan kode dari blogger yang diperoleh pada poin 8) dan pada bagian destination masukkan gv-uzoech4u2v76nxplw7ttrr5gph63vv37twg334wu2svejva77y3a.domainverify.googlehosted.com, kemudian klik tombol Save.
  • Selanjutnya edit 4 (empat) Subdomain yang tersisa, masing-masing pada bagian Type pilih A, untuk bagian Subdomain dikosongkan saja sedangkan di bagian Destination masukkan IP Addres berikut 216.239.32.21, lakukan hal yang sama untuk IP 216.239.34.21,216.239.36.21 dan IP 216.239.38.21 sehingga akan tampak pengaturan domain pada situs Afraid FreeDNS seperti gambar di bawah ini.
finish configure
  • Selanjunya kembali ke halaman dashboard blogger dan klik tombol Save pada pengaturan Blog Address, sampai di sini proses mengganti sub domain blogspot[dot]com menjadi top level domain web[dot]id selesai, jika Anda berhasil jangan lupa ucapkan Alhamdulillah.

source:http://www.multipaste.web.id/2013/02/mengganti-sub-domain-blogspot-menjadi-domain-web-id.html

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 14 Mei 2013 in Uncategorized

 

Tag:

One response to “Mengganti Sub Domain blogspot Menjadi Domain web id

  1. The Canal in Fishers IN

    25 September 2015 at 2:48 pm

    After going over a handful of the blog posts on your web
    site, I honestly like your way of blogging. I book marked it to my bookmark site list and will be checking back in the near
    future. Please check out my web site too and let
    me know what you think.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: